Makam Panglima Banten 

Selain Pulau Cangkir, Kabupaten Tangerang masih memiliki destinasi wisata ziarah lain yaitu Kramat Solear. Tempat yang juga banyak dikunjungi oleh masyarakat luar Tangerang tersebut berlokasi di Kecamatan Solear. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat kabupaten.

Seperti umumnya tempat ziarah lain, Kramat Solear dijaga oleh seorang juru kunci. Berdasarkan penuturannya, tempat yang juga dikenal dengan nama Kramat Tigaraksa itu sudah ada sejak abad ke-16 tepatnya tahun 1552. Kramat Tigaraksa sering digunakan oleh para wali untuk mengadakan pertemuan. Pertemuan biasanya diadakan saat para penyebar agama tersebut melakukan perjalanan dari Cirebon ke Banten.

4 kramat solearDi kramat Solear juga terdapat makam sahabat para wali yaitu Syekh Mas Massad. Beliau merupakan panglima tentara Islam yang ditugaskan oleh Sultan Banten untuk menyebarkan agama di daerah Tigaraksa. Ketika itu, Tigaraksa dikuasai oleh tokoh masyarakat bernama Pangeran Jaya Perkasa alias Mas Laeng. Ia adalah patih dari Kerajaan Pajajaran. Dalam pertempuran melawan Syeh Mas Massad, Mas Laeng dibantu oleh Ki Seteng. Pertempuran selalu berakhir imbang dan ketiganya memutuskan untuk berdamai. Perdamaian tiga tokoh besar tersebut mengilhami nama ‘Tigaraksa’ yang berarti tiga orang yang memelihara perdamaian.

Kramat Solear merupakan area yang ditumbuhi banyak pepohonan. Makam Syekh Mas Massad berada di bawah pohon besar yang konon merupakan pohon paling tua di sana. Di kawasan Kramat Tigaraksa terdapat banyak kera. Menurut penuturan juru kunci, jumlahnya mencapai 600 ekor dan terbagi menjadi dua kelompok. Kabarnya setiap bulan Maulud kedua kelompok kera akan berperang memperebutkan wilayah. Atraksi kera juga dapat disaksikan pada peringatan kemerdekaan. Biasanya diadakan lomba panjat pinang kera dengan hadiah makanan kesukaan si hewan.

4 monyet kramat solearSelain wisata ziarah, Kramat Solear juga menawarkan pemandangan desa petani. Daerah dengan lahan seluas 4 hektar tersebut memang dimanfaatkan warga sebagai ladang dan sawah. Pemandangan hijau dan asri akan menemani pengunjung sebelum sampai area makam.

Bila ingin berkunjung ke Kramat Solear sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta, ikuti Jalan Tol Jakarta-Tengerang dan selanjutnya masuk ke Jalan Tol Tangerang-Merak. Setelah keluar dari tol masuk ke Jalan Raya Serang. Dengan menyusuri jalan tersebut Anda akan menjumpai pertigaan. Di sini silakan belok kiri untuk menuju Kecamatan Solear tempat wisata ziarah berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar