Dalem Cikundul, Murid Sunan Gunung Jati Penyebar Islam di Cianjur

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Makam Eyang Dalem Cikundul di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Untuk ke makam itu, pengunjung harus melewati 170 anak tangga. TRIBUN JABAR/FERRI AMIRIL MUKMININ 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Makam Raden Aria Wiratanu Datar atau Eyang Dalem Cikundul berjarak 20 kilometer dari pusat kota Cianjur tepatnya di Kecamatan Cikalongkulon.

Sebelum sampai ke sana, kita harus melewati Kecamatan Mande, kemudian masuk ke jalur Cianjur-Jonggol sebelum sampai ke Cikalongkulon.

Cikalongkulon merupakan kawasan tepi genangan Cirata. Kawasan tersebut identik dengan warga yang lalu lalang membawa alat pancingan di tas punggungnya.

Pada Ramadan banyak yang menghabiskan waktu ngabuburit memancing di sana. Tak sedikit juga remaja yang keluar pada sore hari mencari takjil ke kawasan alun-alun kecamatan.

Makam Eyang Dalem Cikundul berada di sebuah bukit. Warga menyebutnya pasir. Kawasan ini masuk wilayah Desa Cijagang, sekitar empat kilometer dari jalur Cikalongkulon-Cariu.

Petunjuk arah cukup jelas di pertigaan jalan. Saat bulan Mulud, peziarah dari berbagai daerah akan memadati kawasan Desa Cijagang ini.

Kawasan itu tadinya sebuah perbukitan dan persawahan. Namun, kini, berkembang menjadi ramai. Kios-kios yang menjajakan berbagai makanan dan pakaian bisa dijumpai di gerbang masuk kawasan makam Cikundul.

Pelataran parkir yang luas sengaja dibuat. Maklumlah, jika sedang bulannya berziarah, bus besar banyak yang datang di kawasan ini.

Beberapa meter sebelum gerbang ada sebuah sungai yang mengalir dan dua jembatan hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua. Sebuah masjid terlihat di samping kiri. Beberapa penjaga makam atau yang akrab disapa kuncen akan menyapa. Begitu juga ketika Tribun mulai melangkah masuk.

Makam Eyang Dalem Cikundul
Makam Eyang Dalem Cikundul di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Untuk ke makam itu, pengunjung harus melewati 170 anak tangga. TRIBUN JABAR/FERRI AMIRIL MUKMININ
Halaman
1234

Tidak ada komentar:

Posting Komentar